Rabu, 19 November 2008

Extravaganza gak boleh tayang.......???

Pemantauan yang dilakukan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat sepanjang bulan Mei 2008, kembali menemukan empat tayangan bermasalah. Satu di antaranya, Extravaganza (Trans TV), mendapat teguran terakhir.Bila Trans TV tak segera memperbaiki tayangan tersebut, maka KPI akan menghentikan tayangan tersebut.
Koordinator Bidang Isi Siaran KPI Pusat Yazirwan Uzun mengatakan, tiga tayangan lain selain Extravaganza yang bermasalah adalah Ngelenong Nyok (Trans TV), One Piece (Global TV), dan Suami-suami Takut Istri (Trans TV). "KPI Pusat melakukan pemantauan terhadap 285 tayangan anak (episode) dari 92 judul pada sembilan stasiun televisi, yaitu Indosiar, SCTV, TPI, RCTI, Global TV, ANTV, TVRI, Trans TV, Trans7. Program yang dievaluasi adalah program yang tayang pada 1-13 Mei 2008," kata Yazirwan Uyun, Senin (7/7) di Jakarta.
Dia menjelaskan, suatu tayangan dinilai bermasalah apabila mengandung unsur kekerasan (fisik dan psikologis) baik dalam bentuk tindakan verbal maupun nonverbal, pelecehan terhadap kelompok masyarakat maupun individual, tidak melindungi kepentingan anak-anak, remaja dan perempuan, serta tidak sesuai dengan norma-norma kesopanan dan kesusilaan.
Penetapan ini, menurut Yazirwan Uyun, didasarkan atas hasil evaluasi tim panelis yang diketuai Arief Rahman, Dedy Nur Dihayat, Seto Mulyadi, Nina Armando, Bobby Guntarto. dan RazainiTaher serta dibantu 11 orang analis setelah melalui forum rapat dengan komisioner KPI Pusat. Empat tayangan itu tidak sesuai dengan aturan yang ada dalam UU No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, khususnya pasal 36 ayat (1), (3), dan pasal 36 ayat (6). Juga tidak sesuai dengan Standar Program Siaran 2007 pasal II ayat (1), Pasal 12 ayat (1) dan (2), Pasal 13 ayat (1) dan Pasal 17, 18, 29, dan pasal 63.
Yazirwan menjelaskan, Extravaganza dinilai bermasalah karena mengandung muatan yang vulgar, menyiratkan seks, menampilkan adegan yang melecehkan perempuan. Tidak memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan dan tidak mencantumkan kualifikasi acara. Ngelenong Nyok, juga dinilai banyak mengandung muatan yang vulgar atau mesum. Cukup banyak menampilkan adegan yang melecehkan orang lain, terutama kelompok dengan ukuran/bentuk fisik di luar normal. Tidak memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaaan, tidak menampilkan klasifikasi usia.
Tayangan One Piece, menampilkan kekerasan secara ekspresif dan seringkali disertai darah yang terlihat jelas akibat kekerasan tersebut. Karakter-karakter perempuan yang ditampilkan banyak yang berpenampilan sensual. Menampilkan adegan yang meng-close up bagian-bagian tubuh tertentu dari perempuan. Juga tidak menampilkan klasifikasi acara. Sedangkan tayangan Suami-suami Takut Istri, banyak mengangkat tema dewasa/seputar kehidupan suami istri yang tidak pantas ditampilkan pada jam tayang petang, saat anak-anak masih menonton

1 komentar:

Hafiz' Blog mengatakan...

eh jaduull banget BLOG lo

ga GAOLLL

Blog gw>>>>>puihhhhh